THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Senin, 16 Februari 2009

Sejarah singkat Bluetooth

Pernah mendengar ttg wireless headset punya Ericsson T29 yang mahalnya amit2 itu? Dia disebut2 menggunakan teknologi Bluetooth. Apa sih Bluetooth?

Bluetooth adalah sebuah teknologi wireless yang dapat bekerja dengan baik dalam radius sampai 10 meter. Ia menggunakan frequency band 2.45 GHz yang bersifat bebas lisensi. Artinya, untuk mengunakan pita frekuensi ini tidak perlu ada proses perijinan dan pendaftaran seperti layaknya penggunaan frekuensi radio. 

Target pengembangan teknologi ini adalah modul2 Bluetooth yang murah dan massal, serta dengan power consumption yang rendah. Walaupun alat2 dengan teknologi Bluetooth sekarang ini masih mahal, Bluetooth Special Interest Group yang terdiri dari beberapa perusahaan besar seperti Ericsson, Nokia, IBM, Toshiba dan Intel bercita2 dapat menekan harga modul Bluetooth hingga 5 dollar AS perbuahnya. Modul2 ini dapat digunakan untuk transmisi data dan suara, serta dapat diaplikasikan pada semua alat2 portable.
Nama Bluetooth sendiri diambil dari nama raja Denmark pada periode 940-981 : Harald Blaatand. Blaatand secara harafiah berarti "gigi biru". Raja Harald memerintah di Denmark dan Norwegia, yaitu negara2 asal beberapa pendiri Bluetooth Special Interest Group (SIG), yang dahulu baru berupa sebuah proyek bersama. Karena itu namanya diambil menjadi nama proyek bernuansa kental Skandinavia ini.

Bluetooth SIG didirikan pada bulan February 1998. Sampai dengan bulan Juni 2000, SIG telah memiliki sekitar 1900 anggota, baik perusahaan maupun organisasi dari seluruh dunia.

Tujuan SIG ini sebenarnya ada beberapa, di antaranya pembuatan standar2 dan spesifikasi untuk teknologi ini, sertifikasi produk dan license agreement secara gratis.
Setelah industri komputer dan telekomunikasi ramai2 bergabung ke Bluetooth SIG, pengembangan teknologi ini menjadi lebih cepat. Minat kedua bidang industri ini tidak mengherankan, karena teknologi ini merupakan sebuah solusi yang menarik. Ia sangat fleksibel untuk semua bentuk komunikasi wireless jarak dekat, baik data maupun suara.

Contoh2 penggunaan yang umum antara lain :
- Menghubungkan laptop dengan telepon genggam.
- Jaringan pribadi yang terdiri dari laptop/notebook, desktop organizer, PALMs, telepon genggam, beamer, dll
- Remote photography
- Pengganti penggunaan kabel untuk aksesori PC, headset, mikrofon, dll.

Bluetooth Development Kit yang pertama diluncurkan pada bulan Mei 1999 dan pada bulan yang sama dapat diluncurkan produk2 pertama yang menggunakan teknologi ini. Pada tahun 1999 telah berhasil dipasarkan 800 juta unit alat2 berteknologi Bluetooth.

0 komentar: